Microsoft Windows

 



Apa sih itu Windows?

Windows adalah kelompok sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft

Fungsi utama dari Windows sebagai penghubung antara hardware dengan software.

Tahu ngga? kalo windows itu diperkenalkan di tahun 1983 dan terus dikembangkan sampai sekarang. Penasaran sama versi-versi nya? 

Yuk kita langsung bahas ajaa

______________________________


Windows 1.0 (1985-1987)

Microsoft memperkenalkan Windows pertama kali pada tahun 1983. Versi pertama ini awalnya hadir tanpa penamaan versi, jadi hanya disebut Windows saja. Baru pada dua tahun kemudian dikenalkan Windows 1.0 bersamaan dengan logo pertamanya. Logo pertama ini hadir dengan desain sederhana berupa kotak dibagi empat namun dengan posisi yang tidak sama rata.

Windows 3.1/3.1.1 (1990-1992)
Pada versi ini mulai digunakan empat warna pada logo jendela beserta efek kibaran yang bermakna pergerakan. Sedangkan desain empat warna dasar yaitu merah, hijau, biru dan kuning merupakan warna dasar yang dipilih karena dianggap sebagai warna yang memiliki kontras yang baik bagi mata.

Windows 95 (1995)
Pada Windows ini, Microsoft mulai memperkenalkan menu yang tersusun berdasarkan aplikasi yang bisa diakses melalui tombol Start. Logonya pun mulai ditampilkan mirip dengan Windows 3.1 namun dengan perubahan posisinya yang condong miring dengan latar belakang warna biru langit.

Windows 98/98SE (1998)
Sebagai penerus Windows 95, logo Windows 98 mengalami sedikit perbaikan dari logo Windows 95 namun dengan nuansa latar biru langit yang lebih dinamis. Windows 98 sendiri hadir dalam dua versi yaitu 98 dan 98SE (Second Edition).

Windows ME (2000)
Awal kehadiran Windows ME adalah sebagai penerus Windows 98 dengan penambahan fitur multimedia. Sebagai penanda, Microsoft membuat logo ME dengan nuansa multimedia dimana terdapat tambahan tiga kotak yang mengiringi logo jendela ditengahnya. Sayangnya, meski Windows 98 sukses, namun nyatanya Windows ME gagal karena banyaknya masalah bug dan lainnya.

Windows XP (2006)
Kehadiran Windows XP juga menandai tampilan desain yang bernuansa lebih modern. Disini mulai dikenal logo jendela dengan desain seperti kibaran bendera atau disebut pula Windows Flag. Pada Windows XP, tombol Start menggunakan desain yang lebih elegan serta sentuhan bernuansa 3D yang lebih menarik.

Windows Vista (2006-2007)
Microsoft masih menggunakan logo bendera yang sama XP. Namun sebagai pembeda, logo tersebut posisinya berada di dalam satu lingkaran yang bernuansa gelas kaca dengan warna latar biru. Ini sekaligus menegaskan bahwa Windows Vista memiliki fitur baru yaitu Aero Glass.

Windows 7 (2009)
Sadar akan kegagalan Windows VistaMicrosoft langsung menghadirkan Windows 7. Dan karena masih banyak menyertakan konsep dari Windows Vista, logonya pun masih mirip. Sebagai penerus, Windows 7 masih menggunakan logo kibaran jendela, namun tanpa menggunakan lingkaran.

Windows 8/8.1 (2012-2013)
Windows 8 berubah dan dibuat dengan konsep logo bergaya modern namun berkesan klasik. Kali ini logo Windows dibuat seperti sebuah jendela dan bukannya bendera berkibar seperti sebelumnya. Ini jelas kembali konsep awal dimana Windows sendiri memang berarti jendela. Agar lebih menarik, logo jendela dibuat agak miring yang saat itu juga merupakan simbol bahwa Windows bisa pula digunakan pada perangkat tablet.

Windows 10 (2015)
Logo Windows 10 tidak mengalami perubahan dibanding Windows 8. Masih menggunakan logo jendela dengan posisi agak miring. Namun sebagai pembeda, Microsoft menggunakan warna dasar biru lebih pekat dimana pada Windows 8 menggunakan warna biru muda.

Windows 11 (2021)
Meski saat artikel ini dibuat, versi finalnya belum meluncur, namun Microsoft sudah langsung menampilkan logo resmi dari Windows 11. Masih menggunakan nuansa tema yang sama, logo Windows 11 hanya mengalami perubahan dari sisi posisi jendela dengan posisi yang tidak lagi miring. Jadi posisinya mirip dengan Windows 8 dengan posisi lurus ke depan. Kali ini, dominasi warna biru masih digunakan. Hanya saja pada latar terdapat gambar gelombang seperti kain dengan warna tersebut. Untuk teks Windows-nya sendiri menggunakan font dengan warna putih. Tampilan ini memang terlihat lebih modern dan keren.



Posting Komentar

0 Komentar